Tarmizi Tohor: Sukses “Berkah” Keluarga pun Sakinah

Jakarta, bimasislam — Sekretaris Ditjen Bimas Islam, Tarmizi Tohor menegaskan bahwa seorang yang akan membina rumah tangga hendaknya membekali dirinya dengan belajar rahasia nikah (Berkah). Berkah atau dalam implementasinya di lapangan adalah kursus bagi calon pengantin dinilainya sangat penting.

’’Salah satu program kita di Bimas Islam itu berkah yaitu memantapkan calon pengantin. Selama ini banyak calon pengantin seperti terjun bebas, tanpa mendalami dulu apa makna perkawinan dan keluarga, makanya kita perlu bimbing dengan program berkah, sukses berkah keluarga pun sakinah’’, terang Tarmizi usai memimpin sidang Sub Komisi yang membahas program Berkah pada kegiatan Raker Nasional Kemenag 2018, di Jakarta (30/1). 

Dikatakan Tarmizi, mulai tahun 2018 setiap yang hendak menikah wajib mengikuti kursus calon pengantin selama dua hari.  Peserta akan mendapatkan berbagai macam materi, di antaranya bagaimana mereka berkeluarga yang benar dan memahami filosofi berkeluarga.

Berkah, lanjut mantan Kakanwil Kemenag Riau itu memiliki beberapa tujuan, di antaranya dalam rangka membentuk keluarga sakinah, mengurangi perceraian, dan mengurangi gizi buruk.

’’Berkah ini tentuk dalam rangka membentuk keluarga sakinah, mengurangi angka perceraian dan mengurangi gizi buruk’’, ungkapnya.

Kedepan, Tarmizi menambahkan kursus bagi calon pengantin akan dilaksanakan lebih dari dua hari dan akan menggandeng beberapa instansi terkait seperti kerjasama dengan Instansi Kesehatan dan ormas Islam seperti Muslimat NU dan Aisyah.

Disinggug mengenai masa depan program ’’Berkah’’, mantan Direktur Pemberdayaan Zakat itu tidak menampik adanya kendala di lapangan, terutama masalah ijin mengikuti suscatin bagi pasangan yang bekerja di perusahaan.

’’Saya coba chek di daerah itu banyak yang sulit mendapat izin dari kantor/perusahaan untuk mengikuti suscatin. Ke depan kita akan sosialisasi dengan perusahaan termasuk kerjasama dalam hal ini’’, pungkasnya.

Hasil sidang Sub Komisi Kemudian akan di matangkan di Sidang Komisi dan selanjutnya dibahas dan ditetapkan di Sidang Pleno. Raker Nasional Kemenag 2018 berlangsung dari tanggal 29-31 Januari 2018.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *